Abstract:
Dengan kemajuan teknologi yang telah ada saat ini kegiatan belajar
mengajar di dalam kelas harus mulai didukung dengan teknologi yang sesuai,
agar para peserta didik mampu bersaing dalam menghadapi tantangan dan
kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi mendatang. Lembaga pendidikan
harus menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas yang mampu
memenuhi tuntutan zaman yang cenderung berkembang sejalan dengan
berkembangnya teknologi. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau
adalah suatu teknologi yang berkaiataan dengan pengambilan, pengumpulan
(akuisisi), pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi
yang terdiri dari perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware)
yang berfungsi sebagai alat bantu komunikasi dan penyebaran informasi yang
meliputi: radio, televisi, , komputer dan jaringan perangkat keras dan
perangkat lunak, sistem satelit dan sebagainya. Penulisan ini bertujuan untuk
mengetahui Efektifitas penggunaan model pembelajaran ICT Based Learning
terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam di SMA Negeri 70 Jakarta. Untuk menjawab rumusan masalah
tersebut, peneliti menggunakan penulisan kepustakaan (library research) dan
penulisan lapangan (filed research), sehingga metode yang digunakan adalah
metode korelasional dengan menggunakan analisis product moment. Adapun
metode pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi,
wawancara, angket/kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penulisan ini
menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara efektifitas
penggunaan model pembelajaran ICT Based Learning terhadap hasil belajar
siswa dalam mata pelajaran PAI di SMA Negeri 70Jakarta. Hal tersebut dapat
dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar mata pelajran PAI, dengan
melihat hasil perhitungan nilai r hitung lebih besar (0,822) dari pada r tabel
(0,345 dan 0,266), maka berdasarkan data yang ada dengan demikian
hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan Ada hubungan yang signifikan,
antara penggunaan model pembelajaran ICT Based Learning (variabel X) dan
hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 70 Jakarta (variabel Y) diterima,
sedangkan hipotesis nihil ditolak dengan besar rxy 0,822