DSpace Repository

Implementasi Project Based Qur’an di SDIT Az- Zahra

Show simple item record

dc.contributor.advisor Siti Shopiyah
dc.contributor.author Nurlaela, 14311392
dc.date.accessioned 2020-07-17T05:36:34Z
dc.date.available 2020-07-17T05:36:34Z
dc.date.issued 2018-09-28
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/859
dc.description.abstract Al-Qur`an bukan hanya sumber pengetahuan metafisis dan religius, melainkan sumber segala pengetahuan sebagai pedoman sekaligus kerangka segala kegiatan intelektual Islam. Oleh karena itu kita sebagai generasi penerus harus senantiasa belajar Al-Qur`an dan mempelajari makna yang terkandung di dalamnya, mengamalkan apa yang diperintahkan dan meninggalkan apa yang dilarang, menggali dan mengembangkan benih-benih Ilmu Pengetahuan yang terkandung di dalam Al-Qur`an untuk kebaikan dan kemaslahatan umat manusia, dengan bijak sesuai tuntunan Al-Qur`an. Pada penelitian ini berfokus pada bagaimana Implementasi Project Based Qur’an di SDIT Az-Zahra Pondok Petir. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, Objek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru/wali kelas dan peserta didik SDIT Az-Zahra Pondok Petir. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data, dengan teknik analisis data interaktif, tahap yang ditempuh yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Project Based Qur’an di SDIT Az-Zahra Pondok Petir, hal ini dapat dilihat dari proses pembelajaran Project Based Qur’an yang mempunyai tujuan yakni siswa dapat menulis, membaca dan menghafal ayat-ayat Al-Qur’an sehingga siswa menjadi lebih kreatif, percaya diri, dan juga siswa diharapkan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah maupun di rumah seperti penerapan 6 S (Senyum, Sapa, Salam, Salim, Sopan dan Santun). Hal tersebut dilakukan dengan cara pengamatan secara menyeluruh di setiap aktivitas yang dilakukan di sekolah. Faktor pendukung dalam pembelajaran Project Based Qur’an di SDIT Az-Zahra Pondok Petir adalah dengan memperhatikan kondisi siswa, kondisi guru, dukungan dari keluarga, dan sarana prasarana yang memadai. Faktor penghambatnya adalah persamaan visi antara guru, keterbatasan waktu, perbedaan kemampuan siswa yang berbeda, saat mengkondisikan kelas, dan perbedaan semangat belajar siswa. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut adalah dengan Memberikan waktu tambahan, memberikan motivasi dengan memberikan nasihat pada siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Implementasi Project Based Qur’an en_US
dc.title Implementasi Project Based Qur’an di SDIT Az- Zahra en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account