Abstract:
Prestasi belajar aqidah akhlak dalam pencapaian hasil belajar, kekeliruan
dalam berkomunikasi, pola asuh yang keliru dalam keluarga, masih banyak
orang tua yang lebih menekankan Intellectual Quotient (IQ) dari pada
Emotional Quotient (EQ), kurangnya perhatian orang tua terhadap anaknya
karena mayoritas orang tua (ibu dan bapak) sibuk dengan pekerjaannya
sehingga berdampak pada buruknya sikap dan perilaku anak. Adakah karena
ingin mengukur seberapa besar pengaruh belajar aqidah akhlak dan
kecerdasan emosional siswi MA Al-Awwabin Bedahan? Tujuan yang ingin
dicapai dalam penelitian ini, untuk mengukur seberapa besar pengaruh
kecerdasan emosional di sekolah MA Al-Awwabin Bedahan.
Dalam penelitian ini, merupakan penelitian Quantitaive Approach
(pendekatan kuantitatif) penelitian yang digunakan untuk menjawab
permasalahan melalui teknik pengukuran yang cermat terhadap variabelvariabel
tertentu. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian korelasi yang
mana melihat antara dua hubungan variabel atau lebih, pengambilan sampel
sebanyak 100% dari populasi 42 siswa dan teknik pengumpulan data melalui
observasi, wawancara, angket dan dokumentasi, Hasil penelitian diketahui
bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara Prestasi Belajar Aqidah
Akhlak dengan Kecerdsan Emosional hal ini dapat dilihat angka korelasi “X
dan Y” product momen sebesar 0,998. Dengan memperlihatkan hasil
perhitungan rxy (0,998) yang berkisar antara 0,90-1,00 dapat
diinterprestasikan secara sederhana bahwa antara variabel X dan variabel Y
memang terdapat korelasi yang sangat kuat dan sangat tinggi. Kemudian
dibandingkan antara r hitung dengan r tabel bahwa rxy atau r hitung (yang
besarnya = 0,998) adalah jauh lebih besar dari pada r tabel yang besarnya
(0,288 dan 0,372). Karena r hitung lebih besar dari pada r tabel, maka
hipotesis nol ditolak.