Abstract:
Pembelajaran Al-Qur’an merupakan kewajiban dalam umat islam. Al-Qur’an
adalah sebuah kitab yang harus dibaca, bahkan sangat dianjurkan untuk
dijadikan sebagai bacaan harian. Allah swt menilainya sebagai ibadah bagi
siapapun yang membacanya. Pahala yang Allah berikan tidak dihitung
perayat atau perkata, melainkan perhuruf. Apalagi yang dapat kita ketahui
bahwa Al-Qur’an adalah pedoman manusia, dimana manusia bersandar pada
Al-Qur’an atau kalam-kalam Allah swt, maka dengan membaca dan
memahaminya kita akan mendapatkan ilmu-ilmu yang ada dalam Al-Qur’an.
Belajar membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar bukanlah hal yang
mudah, oleh karena itu dalam membaca Al-Qur’an diperlukan metode yang
tepat dan dapat memudahkan proses pembelajaran tersebut. Adapun rumusan
masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana strategi pembelajaran di SDIT
Al-Azkar Pamulang dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-
Qur’an?. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut digunakan metode
penelitian dekriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
yaitu menggunakan data, observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa strategi
pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an yaitu
menggunakan metode Yanbu’a dan metode Ummi dan mampu
meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an di SDIT Al-Azkar.