DSpace Repository

Pengaruh Keteladanan Guru Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Akhlakul Karimah (studi kasus di Mts Sunanul Husna)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Siti Rahma Aziz
dc.contributor.author Siti Istiqomah, 14311418
dc.date.accessioned 2020-07-17T07:13:15Z
dc.date.available 2020-07-17T07:13:15Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/874
dc.description.abstract Seorang guru agama harus memiliki sifat yang bisa menjadi teladan atau contoh bagi muridnya, bisa melaksanakan apa yang diucapkannya, dan bisa memberikan motivasi bagi murid supaya tercapai sesuai dengan tujuan. Sehingga guru agama tersebut oleh para muridnya bisa dijadikan contoh, figure atau cermin dalam setiap ucapan, perbuatan, dan keputusannya peneliti tertarik terhadap keteladanan guru yang ada disekolah, itulah salah satu alasan peneliti memilih sekolah ini menjadi tempat penelitian tidak hanya karena membiasakan siswa-siswinya belajar dengan rajin tetapi juga memberikan contoh pembiasaan akhlak yang baik dan dalam setiap kegiatan sekolah. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah keteladanan guru akidah akhlak berpengaruh terhadap pembentukan akhlakul karimah siswa di MTs Sunanul Husna Cputat Timur?. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut peneliti menggunakan metode kuantitatif yang sifat penelitiannya berupa angka-angka dan dihitung menggunakan perhitungan statistik. Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian serta pengujian hipotesis yang telah peneliti lakukan, dapat peneliti simpulkan bahwa dari perhitungan angka korelasi antara variabel X (pengaruh keteladanan guru akidah akhlak) dengan variabel Y (terhadap pembentukan akhlakul karimah) dengan menggunakan product moment, besarnya rxy diperoleh nilai 0,317 yang terletak antara 0,20-0,40 yang berarti terdapat korelasi/pengaruh yang lemah. Maka peneliti mengambil kesimpulan pada taraf signifikan 5% dan 1% yang mana r hitung lebih besar dari r tabel sehingga dengan demikian maka Hipotesis Alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis Nihil (Ho) ditolak. Artinya terdapat korelasi yang positif antara pengaruh keteladanan guru akidah akhlak terhadap pembentukan akhlakul karimah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Keteladanan Guru Akidah Akhla en_US
dc.subject Pembentukan Akhlakul Karimah en_US
dc.title Pengaruh Keteladanan Guru Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Akhlakul Karimah (studi kasus di Mts Sunanul Husna) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account