DSpace Repository

Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru PAI di MI At-Taufieq Jakarta

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nadjematul Faizah
dc.contributor.author Siti Rahmah, 14311424
dc.date.accessioned 2020-07-17T07:30:37Z
dc.date.available 2020-07-17T07:30:37Z
dc.date.issued 2018-08-13
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/879
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini adalah Masih adanya beberapa tenaga pendidik dan siswa yang kurang disiplin di MI At-Taufieq Jakarta, ditunjukkan dengan masih adanya tenaga pendidik yang tidak masuk tanpa keterangan dan masih adanya siswa yang terlambat, hal ini tentunya akan menghambat proses pembelajaran, ketidak hadiran guru tentunya akan membawa dampak bagi pembelajaran siswa. Pada tahap ini kepemimpinan kepala sekolah dituntut untuk mampu memimpin atau mengelola sekolah serta dapat menciptakan suasana yang kondusif di lingkungan kerja. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru PAI di MI At-Taufieq Jakarta? serta apa saja yang menghambat kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru PAI di MI At-Taufieq Jakarta? Untuk menjawab rumusan masalah tersebut digunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui: Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kepala sekolah MI At-Taufieq Jakarta melaksanakan fungsi dan peran sesuai kompetensi sebagai kepala sekolah. Kepala sekolah melakukan perannya dalam meningkatkan kinerja guru dengan program kerja: memfokuskan pada pengemangan kurikulum dan kegiatan belajar mengajar di sekolah, mengembangkan kreativitas guru PAI dalam mengajar dengan membuat rencana program tahunan, semester dan rencana program pembelajaran dan mengikuti kurikulun yang ada yaitu kurikulum 2013, memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana, dan menegakkan disiplin di lingkungan sekolah dengan memberikan contoh hadir tepat waktu pada jam kerja. Pelaksanaan program kerja sudah berjalan dengan cukup baik meskipun masih ada kendala seperti: terkendalanya pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana, masih adanya sikap guru yang tertutup, dan belum meratanya keahlian guru dalam penggunaan komputer dengan menggunakan internet. Kepala sekolah bersikap tanggap dengan permasalahan yang ada. Kepala sekolah memberikan motivasi dengan melakukan pengawasan kinerja guru PAI secara langsung dan tidak langsung. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Peran Kepala Sekolah en_US
dc.subject Kinerja Guru PAI en_US
dc.title Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru PAI di MI At-Taufieq Jakarta en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account