DSpace Repository

Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Perkembangan Konatif Siswa Studi Kasus Kelas 12 MAN 2 Kota Bekasi

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sri Tuti Rahmawati
dc.contributor.author Ulfi Zahrotul Arifah, 14311436
dc.date.accessioned 2020-07-20T05:24:08Z
dc.date.available 2020-07-20T05:24:08Z
dc.date.issued 2018-08-12
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/889
dc.description.abstract Anak pada usia Sekolah Menengah Atas (SMA) adalah masa dimana anakanak sudah menginjak masa remaja, emosinya belum stabil karena disini mereka ada pada masa pubertas, disini perkembangan konatif atau motivasi siswa masih belum terarah, kemauan atau dorongan dari dalam dirinya masih belum stabil, namun semua orang memiliki hasrat dan motivasi dari dalam dirinya, seperti peserta didik diajarkan untuk menolong orang lain yang dalam kesulitan, maka akan timbul dari dalam dirinya perasaan dan dorongan untuk melakukan hal tersebut.“Apakah kecerdasan emosional berpengaruh terhadap perkembangan konatif siswa dan apakah terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap perkembangan konatif siswa kelas 12 di MAN 2 Kota Bekasi?”. Metode penelitian pendekatan kuantitatif yang bersifat statistik analisis. Hasil uji R Square ditemukan bahwa kecerdasan emosionalmempengaruhi perkembangan konatif siswa sebesar 0,415 atau 41,5%.Hasil uji t ditemukan bahwa thitung > ttabel (9,229 > 1,980) maka H0 ditolak, secara statistik adalah signifikan, dari hasil uji t nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) berarti terdapat pengaruh yang erat dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap perkembangan konatif siswa.Hasil uji korelasi diketahui nilai signifikansi Product Moment sebesar 0,000 < 0,05 dengan taraf signifikansi 5% berarti terdapat korelasiyang signifikan antara kecerdasan emosional dengan perkembangan konatifsiswa. Hasil uji regresi linear sederhana ditemukan model persamaan regresi Y = 9,443 + 0,512 X. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan konatif atau motivasi belajar siswa kelas XII MAN 2 Kota Bekasi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Kecerdasan Emosional en_US
dc.subject Perkembangan Konatif en_US
dc.title Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Perkembangan Konatif Siswa Studi Kasus Kelas 12 MAN 2 Kota Bekasi en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account