Abstract:
Penulisan skripsi ini dilatar belakangi dengan perhatian penulis terhadap
pentingnya disiplin sebagai kunci utama dalam meraih kesuksesan dan
perlunya pertimbangan yang matang dalam pemberian reward dan
punishment serta ketidak pahaman pendidik dalam memperbaiki perilaku
negatif peserta didik dengan menggunakan kekerasan masih kerap terjadi di
lingkungan Sekolah dengan dalih untuk mendisiplinkan siswa. Berdasarkan
latar belakang masalah di atas, penulis mendapatkan rumusan masalah yaitu
“Bagaimana konsep dan Implementasi reward dan punishment untuk
meningkatkan kedisiplinan peserta didik pada Mata Pelajaran Akidah
Akhlak di MI Jam’iyyatul Khair?” Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif, sedangkan jenis penelitian adalah penelitian lapangan (Field
Research). Penelitian lapangan adalah untuk mencari peristiwa-peristiwa
yang menjadi objek penelitian langsung. Dalam pungumpulan datanya
menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan
menggunakan analisis reduksi data, display data melalui triangulasi metode
dan sumber. Berdasarkan permasalahan di atas, setelah dianalisis dapat
disimpulkan bahwa reward di MI Jam’iyyatul Khair dengan menggunakan
pendekatan ungkapan kata, materi seperti hadiah kecil dan bentuk apresiasi
seperti memberikan nilai dengan bintang. Pelaksanaan reward tersebut
dalam meningkatkan disiplin peserta didik telah berjalan cukup efektif.
Adapun pelaksanaan Punishment bebas dari kekerasan fisik. Punishment
yang diterapkan masih dalam lingkup pembelajaran seperti menulis dan
menghafal. Namun dalam pelaksanan punishment tersebut didapati belum
membawa perubahan yang berarti atau belum berjalan dengan efektif.