DSpace Repository

Konsep Reward dan Punishment untuk Meningkatkan Disiplin Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MI Jam’iyyatul Khair.

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ahmad Dimyathi Badruzzaman
dc.contributor.author Nurjanah Paojiah, 14311454
dc.date.accessioned 2020-07-20T07:15:38Z
dc.date.available 2020-07-20T07:15:38Z
dc.date.issued 2018-08-14
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/900
dc.description.abstract Penulisan skripsi ini dilatar belakangi dengan perhatian penulis terhadap pentingnya disiplin sebagai kunci utama dalam meraih kesuksesan dan perlunya pertimbangan yang matang dalam pemberian reward dan punishment serta ketidak pahaman pendidik dalam memperbaiki perilaku negatif peserta didik dengan menggunakan kekerasan masih kerap terjadi di lingkungan Sekolah dengan dalih untuk mendisiplinkan siswa. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penulis mendapatkan rumusan masalah yaitu “Bagaimana konsep dan Implementasi reward dan punishment untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MI Jam’iyyatul Khair?” Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sedangkan jenis penelitian adalah penelitian lapangan (Field Research). Penelitian lapangan adalah untuk mencari peristiwa-peristiwa yang menjadi objek penelitian langsung. Dalam pungumpulan datanya menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan menggunakan analisis reduksi data, display data melalui triangulasi metode dan sumber. Berdasarkan permasalahan di atas, setelah dianalisis dapat disimpulkan bahwa reward di MI Jam’iyyatul Khair dengan menggunakan pendekatan ungkapan kata, materi seperti hadiah kecil dan bentuk apresiasi seperti memberikan nilai dengan bintang. Pelaksanaan reward tersebut dalam meningkatkan disiplin peserta didik telah berjalan cukup efektif. Adapun pelaksanaan Punishment bebas dari kekerasan fisik. Punishment yang diterapkan masih dalam lingkup pembelajaran seperti menulis dan menghafal. Namun dalam pelaksanan punishment tersebut didapati belum membawa perubahan yang berarti atau belum berjalan dengan efektif. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Konsep Reward en_US
dc.subject Punishment en_US
dc.subject Kedisiplinan en_US
dc.title Konsep Reward dan Punishment untuk Meningkatkan Disiplin Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MI Jam’iyyatul Khair. en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account