DSpace Repository

Integrasi Keluarga dan Lembaga Pendidikan dalam Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di MTs Islamiyah Ciputat)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Esi Hairani
dc.contributor.author Sisca Utami, 14311457
dc.date.accessioned 2020-07-20T07:21:53Z
dc.date.available 2020-07-20T07:21:53Z
dc.date.issued 2018-07-31
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/902
dc.description.abstract Pendidikan dalam keluarga, sekolah dan masyarakat seringkali terpisah antara satu dengan yang lainnya dan bahkan terkadang justru bertentangan. Dalam keluarga, seorang anak dididik tentang etika (moral/ akhlak), namun di sekolah terkadang para guru tidak memperdulikan tentang etika dan bahkan pelanggaran terhadap nilai-nilai etika sering dipertontonkan di masyarakat. Kontradiksi dalam ketiga lembaga ini tentu membuat bingung anak sebagai peserta didik dan generasi yang sedang mencari jati diri. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini Bagaimanakah Integrasi xvii Keluarga dan Lembaga Pendidikan Terhadap Anak Didik Dalam Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di MTs Islamiyah Ciputat? Untuk menjawab rumusan masalah tersebut digunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa di MTs Islamiyah Ciputat terjalinnya komunikasi yang aktiv antara kepala sekolah, guru dan orang tua murid dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam. Hal ini terlihat dari metode yang dilakukan oleh guru dan orang tua dirumah. Meraka sama-sama mendidik anaknya dengan: memberikan teladan, memberikan latihan-latihan kepada anaknya, memberikan pengawasan yang penuh kepada anaknya, memberikan nasihat dan memberikan hukuman dengan tujuan mendidik anaknya agar disiplin mengerjakan perintah agama Islam dan juga di dukung dengan adanya buku penghubung antara guru dan orang tua murid sehingga proses pembelajaran agama Islam berjalan dengan baik dan evektiv dan mudah terkontrol antara guru dan orang tua murid. Dengan hal ini terlihat bahwa adanya integrasi antara keluarga dan lembaga pendidikan dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam di MTs Islamiyah Ciputat en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Integrasi Keluarga en_US
dc.subject Lembaga Pendidikan en_US
dc.subject Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title Integrasi Keluarga dan Lembaga Pendidikan dalam Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di MTs Islamiyah Ciputat) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account