DSpace Repository

Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kompetensi Inti (KI 1) Sikap Spiritual di SMA Negeri 70 Jakarta

Show simple item record

dc.contributor.advisor Esi Hairani
dc.contributor.author Fatimah Azzahrah, 15311473
dc.date.accessioned 2020-07-21T05:32:02Z
dc.date.available 2020-07-21T05:32:02Z
dc.date.issued 2019-07-19
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/907
dc.description.abstract Pendidikan Agama Islam begitu penting untuk membentuk karakter dan penanaman nilai spiritual pada anak, sehingga mereka mampu mengaktualisasikan dirinya semaksimal mungkin sesuai dengan prinsip religius. Salah satu dari usaha pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia adalah dibuktikan dengan dimunculkannya kurikulum 2013 yang dirancang untuk mengembangkan kompetensi yang utuh dan seimbang antara kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Praktek pembelajaran yang sangat berperan dalam menentukan pencapaian tujuan Pendidikan Islam dan membentuk karakter atau sikap spiritual peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan Kompetensi Inti Sikap Spiritual (KI 1) pada Kurikulum 2013 di SMA Negeri 70 Jakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Menentukan sumber data dengan menggunakan teknik purposive sampling, kemudian pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Untuk meningkatkan Kompetensi Sikap Spiritual SMA Negeri 70 Jakarta merancang pembelajaran melalui pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas. Yaitu dengan melakukan pembukaan dan apersepsi seperti mengawali dengan salam, berdo‟a, bersyukur dan tadarrus, kemudian eksplorasi, konsolidasi yaitu mengaitkan materi dengan dalil dan beberapa masalah dalam kehidupan, lalu pembentukan sikap melalui kegiatan-kegiatan di sekolah seperti salaman, tadarus bersama, shalat dzuhur berjamaah, infaq Jum‟at, pembacaan Asmaul Husna, Shalawat, shalat jum‟at berjamaah, kegiatan keputrian, mentoring putra dan Peringatan Hari Besar Islam, sanlat dan santunan anak yatim. Sikap spiritual telah direalisasikan oleh peserta didik seperti bersyukur atas segala nikmat Allah, membiasakan diri untuk selalu berdo‟a, bersikap toleransi, serta taat beribadah kepada Allah Swt. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Pembelajaran Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Kurikulum 13 en_US
dc.subject Sikap Spiritual en_US
dc.title Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kompetensi Inti (KI 1) Sikap Spiritual di SMA Negeri 70 Jakarta en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account