DSpace Repository

Internalisasi Terapi Sujud terhadap Kesiapan Belajar Anak Tunagrahita Pada Mata Pelajaran PAI (Studi Kasus SLBN 01 Jakarta)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Alfun Khusnia
dc.contributor.author Iftitahur Rohmaniyah, 15311476
dc.date.accessioned 2020-07-21T05:34:33Z
dc.date.available 2020-07-21T05:34:33Z
dc.date.issued 2019-07-15
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/908
dc.description.abstract Kondisi intelegensi yang dimiliki anak tunagrahita menyebabkan beberapa hambatan dan permasalahan. Oleh karena itu, banyak psikolog yang membuat dan mengembangkan metode untuk meningkatkan konsentrasi. Melihat banyaknya manfaat dalam sujud, guru PAI di SLBN 01 Jakarta mencoba untuk mengembangkan terapi sujud yang dilakukan sebelum pembelajaran berlangsung untuk memperoleh kesiapan belajar siswa tunagrahita. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana internalisasi terapi sujud terhadap kesiapan belajar anak tunagrahita pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif melalui analisis data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI, siswa tunagrahita dan orangtua siswa tunagrahita. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terapi sujud yang dilakukan dengan teratur, khusyu`, dalam durasi waktu 5 menit dan tanpa paksaan akan menghasilkan kesiapan belajar yang baik pada siswa, siswa dapat menyerap nilai-nilai yang terkandung dalam sujud sehingga mereka lebih tenang dan konsentrasi dalam proses pembelajaran; (2) Kondisi ruangan kelas yang berbeda dibandingkan dengan ruangan kelas dalam mata pelajaran lain, memudahkan guru PAI dalam melaksanakan terapi sujud. Penataan ruang kelas yang kondusif ini akan menciptakan suasana pembelajaran yang efektif; (3) Langkah-langkah terapi sujud yang dilaksanakan sebelum proses pembelajaran oleh siswa tunagrahita adalah tahap persiapan, pelaksanaan dan penutup. Dengan demikian bisa ditarik kesimpulan bahwa internalisasi terapi sujud yang dilakukan oleh guru PAI sebelum pembelajaran PAI menghasilkan dampak yang positif dan efektif terhadap kesiapan belajar siswa tunagrahita. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Terapi Sujud en_US
dc.subject Kesiapan Belajar en_US
dc.subject Anak Tunagrahita en_US
dc.title Internalisasi Terapi Sujud terhadap Kesiapan Belajar Anak Tunagrahita Pada Mata Pelajaran PAI (Studi Kasus SLBN 01 Jakarta) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account