Abstract:
Adanya kurikulum yang disebut dengan kurikulum Asmaul Husna
yang diterapkan di SD Citra Alam Ciganjur yang berfungsi sebagai
penunjang pendidikan karakter sehingga tercapainya visi misi sekolah.
Kurikulum ini memiliki nilai-nilai karakter yang wajib diterapkan kepada
peserta didik, sehingga menjadi tugas seorang guru agar mampu
mengembangkan kreativitas dalam menggunakan berbagai media dan
metode dalam menerapkan nilai tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan kurikulum Asmaul Husna
dalam mengembangkan kreativitas guru. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif melalui analisis data berupa
wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini
adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan guru
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pelaksanaan kurikulum
Asmaul Husna menggunakan 2 waktu yaitu pagi sebelum pembelajaran
dimulai dan sore sebelum peserta didik kembali ke rumahnya masing-masing
yang disebut dengan refleksi dan Dalam Mengembangkan Kreativitas Guru
yang dilakukan di SD Citra Alam Ciganjur sudah berjalan dengan baik.
Pernyataan ini didukung oleh hasil penelitian sebagai berikut: Daya berfikir
kreatif guru di SD Citra Alam dalam menggunakan metode pembelajaran
dan media pembelajaran.