Abstract:
Latar belakang penulis melakukan penelitian ini karena
homeschooling merupakan pendidikan berbasis rumah, yang memungkinkan
anak berkembang sesuai dengan potensi diri mereka masing-masing.
homeschooling juga menjadi pilihan yang dianggap tepat untuk memberikan
pengajaran bagi anak-anak yang berbakat oleh banyak orangtua karena
konten materi pembelajaran dan cara pemberian materinya disesuaikan
dengan keadaan siswa yang bersangkutan. Di Fikar School ini menerapkan
homeschooling berbasis komunitas dan mempunyai metode pembelajaran
yang menarik dan efektif.
Berdasarkan latar masalah tersebut, penulis tertarik untuk
mengetahui peran pembelajaran homeschooling dalam membentuk
kecerdasan intrapersonal di Fikar School Rempoa, Tangerang Selatan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
yang bersifat deskriptif analisis, dengan menguraikan keadaan atau fakta
yang sebenarnya sesuai yang terjadi di lapangan. Pendekatan yang digunakan
yaitu pendekatan kualitatif, dengan tahapan penelitian yaitu observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Kemudian penelitian ini menggunakan teknik
analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian, yaitu bahwa di Fikar School sangat menerapkan pada
muatan karakter anak dan itu berdampak kepada diri masing-masing anak
tersebut untuk dapat mengetahui sejauh mana kemampuan yang dimiliki dan
kesadaran akan minat dan bakat mereka. Dengan proses pembelajaran seperti
culture habit ini dapat memberikan pengaruh yang baik kepada kecerdasan
intrapersonal anak, sehingga dapat membentuk karakter yang baik dan
menjadikan budaya anak untuk mandiri di manapun lingkungan dia berada.