DSpace Repository

Peran Pembelajaran Homeschooling dalam Membentuk Kecerdasan Intrapersonal (Studi di Fikar School Rempoa Tangerang Selatan)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Siti Shopiyah
dc.contributor.author Monica Nur Azizah, 15311482
dc.date.accessioned 2020-07-21T06:01:09Z
dc.date.available 2020-07-21T06:01:09Z
dc.date.issued 2019-08-06
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/914
dc.description.abstract Latar belakang penulis melakukan penelitian ini karena homeschooling merupakan pendidikan berbasis rumah, yang memungkinkan anak berkembang sesuai dengan potensi diri mereka masing-masing. homeschooling juga menjadi pilihan yang dianggap tepat untuk memberikan pengajaran bagi anak-anak yang berbakat oleh banyak orangtua karena konten materi pembelajaran dan cara pemberian materinya disesuaikan dengan keadaan siswa yang bersangkutan. Di Fikar School ini menerapkan homeschooling berbasis komunitas dan mempunyai metode pembelajaran yang menarik dan efektif. Berdasarkan latar masalah tersebut, penulis tertarik untuk mengetahui peran pembelajaran homeschooling dalam membentuk kecerdasan intrapersonal di Fikar School Rempoa, Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif analisis, dengan menguraikan keadaan atau fakta yang sebenarnya sesuai yang terjadi di lapangan. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif, dengan tahapan penelitian yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian, yaitu bahwa di Fikar School sangat menerapkan pada muatan karakter anak dan itu berdampak kepada diri masing-masing anak tersebut untuk dapat mengetahui sejauh mana kemampuan yang dimiliki dan kesadaran akan minat dan bakat mereka. Dengan proses pembelajaran seperti culture habit ini dapat memberikan pengaruh yang baik kepada kecerdasan intrapersonal anak, sehingga dapat membentuk karakter yang baik dan menjadikan budaya anak untuk mandiri di manapun lingkungan dia berada. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Homeschooling en_US
dc.subject Kecerdasan Intrapersonal en_US
dc.title Peran Pembelajaran Homeschooling dalam Membentuk Kecerdasan Intrapersonal (Studi di Fikar School Rempoa Tangerang Selatan) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account