Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendidikan
disiplin di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Tangerang Selatan. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang
berusaha menuturkan pemecahan masalah yang ada berdasarkan data. Fokus
masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan sikap
disiplin siswa yang dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota
Tangerang Selatan melalui pembiasaan kedisiplinan. Proses yang dimaksud
adalah proses penerapan peraturan, pemberian hukuman, pemberian
penghargaan dan konsistensi. Objek penelitian adalah pendidikan disiplin
Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Tangerang Selatan. Subjek penelitian
adalah guru dan siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Tangerang
Selatan.
Sumber data utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kegiatan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Tangerang Selatan. Sumber
pendukung dalam penelitian ini adalah buku-buku atau jurnal yang sesuai
dengan pembahasan. Data-data tersebut didapatkan melalui wawancara,
observasi, dan studi dokumen. Teori yang digunakan dalam penelitian ini
adalah disiplin yang dinyatakan oleh Elizabeth B. Hurlock bahwa disiplin
mengandung 4 unsur pokok yaitu peraturan, hukuman, penghargaan dan
konsistensi.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan disiplin di
Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Tangerang Selatan diterapkan dengan
peraturan yang dilaksanakan dengan tegas. Ketegasan pelaksanaan peraturan
tersebut tidak hanya dikhususkan untuk siswa saja, tetapi untuk seluruh guru
dan karyawawan yang ada di sekolah. Kedisiplinan tersebut juga didukung
dengan adanya penghargaan dan hukuman yang diberikan oleh sekolah dan
guru kepada siswa yang layak mendapatkannya. Dan pendidikan disiplin di
Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Tangerang Selatan melaksanakannya
dengan konsisten.