DSpace Repository

Pendidikan Disiplin di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Saepullah
dc.contributor.author Annisa Zakiyyah, 15311501
dc.date.accessioned 2020-07-24T05:06:42Z
dc.date.available 2020-07-24T05:06:42Z
dc.date.issued 2019-08-14
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/926
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendidikan disiplin di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang berusaha menuturkan pemecahan masalah yang ada berdasarkan data. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan sikap disiplin siswa yang dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Tangerang Selatan melalui pembiasaan kedisiplinan. Proses yang dimaksud adalah proses penerapan peraturan, pemberian hukuman, pemberian penghargaan dan konsistensi. Objek penelitian adalah pendidikan disiplin Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Tangerang Selatan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Tangerang Selatan. Sumber data utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah kegiatan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Tangerang Selatan. Sumber pendukung dalam penelitian ini adalah buku-buku atau jurnal yang sesuai dengan pembahasan. Data-data tersebut didapatkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah disiplin yang dinyatakan oleh Elizabeth B. Hurlock bahwa disiplin mengandung 4 unsur pokok yaitu peraturan, hukuman, penghargaan dan konsistensi. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan disiplin di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Tangerang Selatan diterapkan dengan peraturan yang dilaksanakan dengan tegas. Ketegasan pelaksanaan peraturan tersebut tidak hanya dikhususkan untuk siswa saja, tetapi untuk seluruh guru dan karyawawan yang ada di sekolah. Kedisiplinan tersebut juga didukung dengan adanya penghargaan dan hukuman yang diberikan oleh sekolah dan guru kepada siswa yang layak mendapatkannya. Dan pendidikan disiplin di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Tangerang Selatan melaksanakannya dengan konsisten. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Pendidikan Disiplin en_US
dc.subject Peraturan en_US
dc.subject Hukuman en_US
dc.subject Penghargaan en_US
dc.subject Konsistensi en_US
dc.title Pendidikan Disiplin di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Tangerang Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account