Abstract:
Latar belakang masalah ini adalah bahwa strategi pembelajaran sangat
diperlukan, sebagai daya upaya guru dalam menciptakan suatu sistem
lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses mengajar agar tujuan
pembelajaran yang telah dirumuskan dapat tercapai dan berhasil. Salah satu
caranya yaitu menggunakan strategi reading aloud. Strategi reading aloud ini
termasuk strategi active learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui penerapan strategi reading aloud dalam pemahaman siswa pada
mata pelajaran pendidikan agama Islam dan mengetahui faktor pendukung
penerapan strategi reading aloud dalam pemahaman siswa pada mata
pelajaran pendidikan agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Tempat
penelitian di SD Putra Pertiwi Pondok Cabe. Sumber data utama adalah
Kepala Sekolah SD Putra Pertiwi, Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum,
guru mata pelajaran pendidikan agama Islam dan dua orang siswa SD Putra
Pertiwi Pondok Cabe. Adapun sumber data sekunder adalah jurnal, bukubuku,
dan catatan-catatan. Kemudian dokumentasi berupa foto, dokumendokumen
catatan. Teknik pengumpulan data berupa observasi partisipatif,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah
reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi strategi reading
aloud dalam pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam
sudah efektif dapat dilihat dari data-data yang peneliti lakukan baik dari
rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), observasi, wawancara dan
dokumentasi. Guru sudah dapat meningkatkan pemahaman siswa dapat
dilihat ketika guru mengajukan pertanyaan atau feedback kepada siswa, siswa
mampu menjawab sesuai dengan yang diharapkan. Guru sudah menggunakan
media untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam kegiatan belajar
mengajar. Tidak ada lagi siswa yang tidak paham dengan mata pelajaran
pendidikan agama Islam.