DSpace Repository

Implementasi Strategi Reading Aloud Dalam Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas III Sekolah Dasar Putra Pertiwi Pondok Cabe

Show simple item record

dc.contributor.advisor Reksiana
dc.contributor.author Pratami Nikmatush Shidqi, 15311519
dc.date.accessioned 2020-07-27T04:03:07Z
dc.date.available 2020-07-27T04:03:07Z
dc.date.issued 2019-08-09
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/938
dc.description.abstract Latar belakang masalah ini adalah bahwa strategi pembelajaran sangat diperlukan, sebagai daya upaya guru dalam menciptakan suatu sistem lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses mengajar agar tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan dapat tercapai dan berhasil. Salah satu caranya yaitu menggunakan strategi reading aloud. Strategi reading aloud ini termasuk strategi active learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi reading aloud dalam pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan mengetahui faktor pendukung penerapan strategi reading aloud dalam pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Tempat penelitian di SD Putra Pertiwi Pondok Cabe. Sumber data utama adalah Kepala Sekolah SD Putra Pertiwi, Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, guru mata pelajaran pendidikan agama Islam dan dua orang siswa SD Putra Pertiwi Pondok Cabe. Adapun sumber data sekunder adalah jurnal, bukubuku, dan catatan-catatan. Kemudian dokumentasi berupa foto, dokumendokumen catatan. Teknik pengumpulan data berupa observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi strategi reading aloud dalam pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam sudah efektif dapat dilihat dari data-data yang peneliti lakukan baik dari rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), observasi, wawancara dan dokumentasi. Guru sudah dapat meningkatkan pemahaman siswa dapat dilihat ketika guru mengajukan pertanyaan atau feedback kepada siswa, siswa mampu menjawab sesuai dengan yang diharapkan. Guru sudah menggunakan media untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Tidak ada lagi siswa yang tidak paham dengan mata pelajaran pendidikan agama Islam. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Reading Aloud en_US
dc.subject Pemahaman Siswa en_US
dc.title Implementasi Strategi Reading Aloud Dalam Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas III Sekolah Dasar Putra Pertiwi Pondok Cabe en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account