DSpace Repository

Penerapan Full Day School dalam Pembentukan Kecerdasan Emosi (Emotional Quotion) (Studi Analisis siswa kelas VIII SMPIT Insan Muttaqin Bekasi)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Reksiana
dc.contributor.author Qonita Luthfiah, 15311520
dc.date.accessioned 2020-07-27T04:06:12Z
dc.date.available 2020-07-27T04:06:12Z
dc.date.issued 2019-09-09
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/939
dc.description.abstract Peran orang tua dari hari ke hari semakin berkurang terutama di daerah perkotaan, dikarenakan kesibukan para orang tua sehingga orang tua kurang mampu mengawasi kegiatan anak-anak mereka ketika pulang sekolah dan mengkhawatirkan pergaulan sosial zaman sekarang dan lebih memilih agar anak mereka mempunyai waktu belajar lebih lama. Para orang tua juga menginginkan anak mereka bukan hanya cerdas dalam kemampuan kognitif saja, akan tetapi juga dituntut agar karakter kecerdasan emosi dan spiritual anak bisa berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Penerapan Konsep Full Day School dalam mengembangkan kecerdasan emosi (Emotional Quotion) Siswa kelas VIII SMPIT Insan Muttaqin Bekasi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data (penyajian data), dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Proses penerapan full day school di SMPIT Insan Muttaqin Bekasi adalah pembelajaran dari pagi hingga sore dan menggunakan lima hari efektif dari senin sampai jum‟at, (2) Penerapan full day school dalam membentuk kecerdasan Emosional (Emotional Quotion) di SMPIT Insan Muttaqin Bekasi adalah melalui ibadah yang bukan hanya bersifat spiritual tapi juga dapat mengembangkan emosional siswa seperti sholat Dhuha, Dzuhur dan Asar berjamaah, pembelajaran tahsin dan tahfidz intensif, dengan menggunakan indikator pencapaian dari karakteristik kecerdasan emosional diantaranya mengenali emosi diri, memotivasi diri, mengembangkan rasa empati, dan interaksi sosial. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Full Day School en_US
dc.subject Emotional Quotion en_US
dc.title Penerapan Full Day School dalam Pembentukan Kecerdasan Emosi (Emotional Quotion) (Studi Analisis siswa kelas VIII SMPIT Insan Muttaqin Bekasi) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account