DSpace Repository

Strategi Pengelolaan Kelas Berdasarkan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits (Studi Kasus Kelas II di MI Pembangunan UIN Jakarta)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Syahidah Rena
dc.contributor.author Andi Rabiatul Adawiah, 15311531
dc.date.accessioned 2020-07-27T04:36:44Z
dc.date.available 2020-07-27T04:36:44Z
dc.date.issued 2019-08-13
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/943
dc.description.abstract Penelitian ini menjelaskan bagaimana cara guru dalam mengelola kelas. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pentingnya mengenali gaya belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran. Setiap individu memiliki caranya sendiri-sendiri untuk memperoleh pengetahuan atau belajar. Cara yang berbeda-beda tersebut disebut gaya belajar. Penting bagi seorang guru untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa yaitu faktor internal melalui pengidentifikasian gaya belajar dan faktor eksternal yaitu dengan strategi pengelolaan kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelit ia n studi kasus. Hasil penilitian ini meliputi: (1) Gaya belajar siswa sudah terfasilitasi dengan baik. Dengan pengidentifikasian gaya belajar siswa tersebut dapat memudahkan guru dalam mempersiapkan alat, media, dan metode dalam pembelajaran. Gaya belajar visual terfasilitasi dengan LCD dan buku cerita bergambar, gaya belajar audiotory difasilitasi dengan pemutaran musik, sedangkan gaya belajar kinestetik difasilitasi dengan permainan di dalam ataupun di luar kelas. (2) Startegi pengelolaan kelas sudah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari penyediaan sarana dan prasarana seperti ruang kelas yang memadai, penataan tempat duduk siswa, alat dan media pembelajaran yang lengkap, kedisiplinan guru dan siswa, komunikasi yang baik antara guru dengan siswa, begitu pula antara sesama siswa, pemeliharaa n fasilitas sekolah, dan adanya evaluasi wajib sekali dalam seminggu. (3) Pembelajaran Al-Qur’an Hadits untuk kelas satu, dua, dan tiga hanya mengfokuskan siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunaka n metode Tilawati, yaitu pembelajaran hadits belum dikaji secara khusus dan belum ada modul pembelajarannya. (4) Pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits prestasi siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa meningkat pada penilaian akhir tahun. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Pengelolaan Kelas en_US
dc.subject Gaya Belajar en_US
dc.subject Prestasi Belajar Siswa en_US
dc.title Strategi Pengelolaan Kelas Berdasarkan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits (Studi Kasus Kelas II di MI Pembangunan UIN Jakarta) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account