Abstract:
Penelitian ini menjelaskan bagaimana cara guru dalam mengelola kelas.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pentingnya mengenali gaya
belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran. Setiap individu memiliki caranya
sendiri-sendiri untuk memperoleh pengetahuan atau belajar. Cara yang
berbeda-beda tersebut disebut gaya belajar. Penting bagi seorang guru untuk
mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa yaitu
faktor internal melalui pengidentifikasian gaya belajar dan faktor eksternal
yaitu dengan strategi pengelolaan kelas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelit ia n
studi kasus. Hasil penilitian ini meliputi: (1) Gaya belajar siswa sudah
terfasilitasi dengan baik. Dengan pengidentifikasian gaya belajar siswa
tersebut dapat memudahkan guru dalam mempersiapkan alat, media, dan
metode dalam pembelajaran. Gaya belajar visual terfasilitasi dengan LCD dan
buku cerita bergambar, gaya belajar audiotory difasilitasi dengan pemutaran
musik, sedangkan gaya belajar kinestetik difasilitasi dengan permainan di
dalam ataupun di luar kelas. (2) Startegi pengelolaan kelas sudah terlaksana
dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari penyediaan sarana dan prasarana seperti
ruang kelas yang memadai, penataan tempat duduk siswa, alat dan media
pembelajaran yang lengkap, kedisiplinan guru dan siswa, komunikasi yang
baik antara guru dengan siswa, begitu pula antara sesama siswa, pemeliharaa n
fasilitas sekolah, dan adanya evaluasi wajib sekali dalam seminggu. (3)
Pembelajaran Al-Qur’an Hadits untuk kelas satu, dua, dan tiga hanya
mengfokuskan siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunaka n
metode Tilawati, yaitu pembelajaran hadits belum dikaji secara khusus dan
belum ada modul pembelajarannya. (4) Pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits
prestasi siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai
rata-rata siswa meningkat pada penilaian akhir tahun.