Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model
pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran
PAI dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3
Tangerang Selatan. Pada proses pembelajaran salah satu hal yang
menyebabkan pembelajaran efektif adalah penggunaan model pembelajaran
yang tepat. Namun dalam proses nya masih ada siswa yang belum
dikembangkan kemampuan mengetahui dan memahami informasi yang
diberikan guru. Oleh karena itu, penulis tertarik meneliti penerapan model
pembelajaran CTL dalam meningkatan hasil belajar siswa.
Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif
dan menerapkan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini
adalah guru bidang studi PAI kepala sekolah, bidang kurikulum, dan
perwakilan dari peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model
pembelajaran CTL di kelas VIII SMP Negeri 3 Tangerang Selatan memiliki
peran yang cukup penting dalam proses belajar mengajar. Hal ini dapat
dilihat dari nilai kognitif siswa di mata pelajaran PAI, siswa dapat mencapai
nilai di atas KKM. Selain itu, RPP yang dijadikan acuan guru dalam
mengajar sudah sesuai dengan teori model pembelajaran CTL yang
digunakan di SMP Negeri 3 Tangerang Selatan.
Penerapan model pembelajaran CTL juga memiliki peran untuk
menumbuhkan dan meningkatkan semangat siswa dalam belajar. Dimana
semangat belajar siswa adalah salah satu hal yang menyebabkan tujuan
pembelajaran tercapai.