DSpace Repository

Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Mata Pelajaran PAI Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di kelas VIII SMP Negeri 3 Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasanah
dc.contributor.author Halimahtusa’diah, 15311540
dc.date.accessioned 2020-07-27T05:10:15Z
dc.date.available 2020-07-27T05:10:15Z
dc.date.issued 2019-09-12
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/947
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran PAI dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tangerang Selatan. Pada proses pembelajaran salah satu hal yang menyebabkan pembelajaran efektif adalah penggunaan model pembelajaran yang tepat. Namun dalam proses nya masih ada siswa yang belum dikembangkan kemampuan mengetahui dan memahami informasi yang diberikan guru. Oleh karena itu, penulis tertarik meneliti penerapan model pembelajaran CTL dalam meningkatan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan menerapkan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bidang studi PAI kepala sekolah, bidang kurikulum, dan perwakilan dari peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CTL di kelas VIII SMP Negeri 3 Tangerang Selatan memiliki peran yang cukup penting dalam proses belajar mengajar. Hal ini dapat dilihat dari nilai kognitif siswa di mata pelajaran PAI, siswa dapat mencapai nilai di atas KKM. Selain itu, RPP yang dijadikan acuan guru dalam mengajar sudah sesuai dengan teori model pembelajaran CTL yang digunakan di SMP Negeri 3 Tangerang Selatan. Penerapan model pembelajaran CTL juga memiliki peran untuk menumbuhkan dan meningkatkan semangat siswa dalam belajar. Dimana semangat belajar siswa adalah salah satu hal yang menyebabkan tujuan pembelajaran tercapai. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Contextual Teaching and Learning en_US
dc.subject Mata Pelajaran PAI en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Mata Pelajaran PAI Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di kelas VIII SMP Negeri 3 Tangerang Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account