Abstract:
Pembelajaran Kaligrafi pada peserta didik melalui metode yang mudah dan
memberikan rasa senang seperti metode membaca Ayat Al-Qur‟an yang
hendak ditulis terlebih dahulu, menjiplak kaligrafi yang sudah baik lalu di
praktekkan menggunakan alat kaligrafi yaitu spidol atau khandam kaligrafi
dengan diulang-ulang dan menggunakan cat dan kanvas. Sehingga peserta
didik dapat mengetahui pengaruh keindahan yang terdapat pada kaligrafi,
menuliskan sesuatu yang baik dan mendapatkan pahala juga bisa menjadi
kaligrafer Al-Qur‟an yang beriman dan bermanfaat bagi hidup nya. Apalagi
kaligrafi ini sangatlah penting di zaman modern seperti saat ini yang
menuntut manusia menjadi manusia serba bisa dalam hal apapun.
Jenis penelitian kualitatif, lokasi penelitian di SMP IT Al-Qur‟aniyyah
berada di Jl. Panti Asuhan Ceger, Rt 03/12 No . 06, Jurang Mangu Timur,
Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Subyek
penelitian Ustadz Kaligrafi beserta peserta didik SMP IT Al-Qur‟aniyyah,
Tangerang Selatan. Dengan menggunakan teknik Field Research. Metode
observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian pembelajaran kaligrafi ini ialah dalam meningkatkan
kecintaan Al-Qur‟an dengan kegiatan-kegiatan kaligrafi di sekolah atau pun
di pesantren, salah satunya ada di KBM Kaligrafi di sekolah dan kegiatan
Pengembangan bakat Kaligrafi di pesantren. Dalam proses peningkatan
kecintaan terhadap Al-Qur‟an pada peserta didik, guru kaligrafi berupaya
mengajarkan Kaligrafi kepada peserta didik dengan metode yang mudah dan
disenangi oleh peserta didik, sehingga proses pembelajaran kaligrafi
disekolah atau dipesantren berjalan dengan lancar dan peserta didik selalu
senang mempelajarinya. Kemudian dari hal tersebut timbullah rasa cinta
terhadap Al-Qur‟an yang ada didalam hati para peserta didik, karena dengan
memberikan rasa senang mempelajari kaligrafi dengan secara tidak langsung
juga mengajarkan untuk memberikan rasa senang terhadap Al-Qur‟an.