DSpace Repository

Proses pembelajaran KaligrafiAl-e,ur'an di sMp rr Al-Qur'aniwoh Tangerang selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Eka Naelia Rahmah
dc.contributor.author Siti Dianatul Kholisoh, 15311557
dc.date.accessioned 2020-07-29T04:24:44Z
dc.date.available 2020-07-29T04:24:44Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/957
dc.description.abstract Pembelajaran Kaligrafi pada peserta didik melalui metode yang mudah dan memberikan rasa senang seperti metode membaca Ayat Al-Qur‟an yang hendak ditulis terlebih dahulu, menjiplak kaligrafi yang sudah baik lalu di praktekkan menggunakan alat kaligrafi yaitu spidol atau khandam kaligrafi dengan diulang-ulang dan menggunakan cat dan kanvas. Sehingga peserta didik dapat mengetahui pengaruh keindahan yang terdapat pada kaligrafi, menuliskan sesuatu yang baik dan mendapatkan pahala juga bisa menjadi kaligrafer Al-Qur‟an yang beriman dan bermanfaat bagi hidup nya. Apalagi kaligrafi ini sangatlah penting di zaman modern seperti saat ini yang menuntut manusia menjadi manusia serba bisa dalam hal apapun. Jenis penelitian kualitatif, lokasi penelitian di SMP IT Al-Qur‟aniyyah berada di Jl. Panti Asuhan Ceger, Rt 03/12 No . 06, Jurang Mangu Timur, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Subyek penelitian Ustadz Kaligrafi beserta peserta didik SMP IT Al-Qur‟aniyyah, Tangerang Selatan. Dengan menggunakan teknik Field Research. Metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian pembelajaran kaligrafi ini ialah dalam meningkatkan kecintaan Al-Qur‟an dengan kegiatan-kegiatan kaligrafi di sekolah atau pun di pesantren, salah satunya ada di KBM Kaligrafi di sekolah dan kegiatan Pengembangan bakat Kaligrafi di pesantren. Dalam proses peningkatan kecintaan terhadap Al-Qur‟an pada peserta didik, guru kaligrafi berupaya mengajarkan Kaligrafi kepada peserta didik dengan metode yang mudah dan disenangi oleh peserta didik, sehingga proses pembelajaran kaligrafi disekolah atau dipesantren berjalan dengan lancar dan peserta didik selalu senang mempelajarinya. Kemudian dari hal tersebut timbullah rasa cinta terhadap Al-Qur‟an yang ada didalam hati para peserta didik, karena dengan memberikan rasa senang mempelajari kaligrafi dengan secara tidak langsung juga mengajarkan untuk memberikan rasa senang terhadap Al-Qur‟an. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject KaligrafiAl-e,ur'an en_US
dc.title Proses pembelajaran KaligrafiAl-e,ur'an di sMp rr Al-Qur'aniwoh Tangerang selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account