Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis Manajamen pembelajaran tahfizh
dengan thobaqoh hafalan dapat membantu siswa membaca Al-Qur‟an
dengan tartil dan tepat, memudahkan siswa dalam menghafal Al-Qur‟an,
mampu memperbaiki kualitas hafalan siswa di SD Emirattes Islamic School.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Tempat
penelitian ini di SD Emirattes Islamic School. Waktu penelitian pada tanggal
19 Februari sampai 25 Juli 2019. Informan dalam penelitian ini adalah
Kepala Sekolah, Wakil Bidang Akademik, Koordinator Tahfizh dan Guru
Tahfizh. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara
dan dokumentasi. Keabsahan data dengan menggabungkan sumber dan
metode, dianalisi dengan interaktif meliputi pengumpulan data, merangkum
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian meunjukkan bahwa: 1) Manajemen pembelajaran
tahfizh Al-Qur‟an dengan thobaqoh hafalan dapat membantu siswa dalam
membaca Al-Qur‟an dengan tepat, 2) Adanya thobaqoh memudahkan siswa
dalam mencapai target hafalan, 3) Guru tahfizh menjadi faktor pendukung
dalam mencapai target hafalan, 4) Evaluasi pembelajaran menggunakan
thobaqoh dapat terukur.