Abstract:
Program tahfidz dan Pendidikan Agama Islam memiliki peran penting
dalam pembentukan sikap dan kepribadian siswa. Berbekal hafalan al-Qur’an
dan ilmu agama yang dimiliki siswa diharapkan menjadi bekal bagi siswa
dalam mengarungi kehidupan ini. Hal tersebut juga akan memudahkan bagi
siswa untuk melaksanakan kewajibannya sebagai hamba Allah dan juga
sebagai makhluk sosial yang harus bermanfaat bagi sesama. Karena tahfidz
dapat berpengaruh terhadap pembelajaran pendidikan agama islam.
Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah “Program tahfidz
di MI Mumtaza Islamic School Pondok Cabe, Banten serta pengaruhnya
terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam siswa. Penelitian ini
dilatarbelakangi karena masih ada siswa yang kurang lancar dalam membaca
dan menulis al-Qur’an.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
program tahfidz terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam Siswa
Kelas V di MI Mumtaza Islamic School dan berapa besar persentasi
pengaruhnya. Manfaat penelitian ini sebagai bahan masukan lembaga sekolah
untuk meningkatkan program tahfidz dan metode pembelajarannya. Variabel
dalam penelitian ini adalah program tahfidz (X), motivasi belajar pendidikan
agama islam (Y). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi
522 siswa dengan sample 35 siswa. Metode pengumpulan data dengan cara
dokumentasi dan angket, sedangkan analisis data menggunakan rumus
product moment yang kemudian dilakukan uji t dan uji determinasi untuk
mengetahui kebenaran hipotesis dan persentasi pengaruhnya.
xiii
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah berdasarkan hasil angket
yang disebarkan kepada 35 siswa diperoleh hasil bahwa adanya pengaruh
program tahfiz terhadap motivasi belajar PAI Siswa di MI Mumtaza Pondok
Cabe, Banten. Hal ini dibuktikan dengan nilai r hitung lebih besar dari r tabel
atau r hitung 0,581 > r tabel 0,334. Kemudia dilakukan uji determinasi
diperoleh hasil persentasi pengaruh program tahfiz terhadap motivasi belajar
PAI Siswa di MI Mumtaza sebesar 33,7 %.