DSpace Repository

Pengaruh Program Tahfidz Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V di MI Mumtaza Islamic School

Show simple item record

dc.contributor.advisor Faza Karimatul Akhlak
dc.contributor.author Rahmadani Ade Anita, 15311596
dc.date.accessioned 2020-08-05T05:08:47Z
dc.date.available 2020-08-05T05:08:47Z
dc.date.issued 2019-08-03
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/983
dc.description.abstract Program tahfidz dan Pendidikan Agama Islam memiliki peran penting dalam pembentukan sikap dan kepribadian siswa. Berbekal hafalan al-Qur’an dan ilmu agama yang dimiliki siswa diharapkan menjadi bekal bagi siswa dalam mengarungi kehidupan ini. Hal tersebut juga akan memudahkan bagi siswa untuk melaksanakan kewajibannya sebagai hamba Allah dan juga sebagai makhluk sosial yang harus bermanfaat bagi sesama. Karena tahfidz dapat berpengaruh terhadap pembelajaran pendidikan agama islam. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah “Program tahfidz di MI Mumtaza Islamic School Pondok Cabe, Banten serta pengaruhnya terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih ada siswa yang kurang lancar dalam membaca dan menulis al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh program tahfidz terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V di MI Mumtaza Islamic School dan berapa besar persentasi pengaruhnya. Manfaat penelitian ini sebagai bahan masukan lembaga sekolah untuk meningkatkan program tahfidz dan metode pembelajarannya. Variabel dalam penelitian ini adalah program tahfidz (X), motivasi belajar pendidikan agama islam (Y). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi 522 siswa dengan sample 35 siswa. Metode pengumpulan data dengan cara dokumentasi dan angket, sedangkan analisis data menggunakan rumus product moment yang kemudian dilakukan uji t dan uji determinasi untuk mengetahui kebenaran hipotesis dan persentasi pengaruhnya. xiii Kesimpulan dalam penelitian ini adalah berdasarkan hasil angket yang disebarkan kepada 35 siswa diperoleh hasil bahwa adanya pengaruh program tahfiz terhadap motivasi belajar PAI Siswa di MI Mumtaza Pondok Cabe, Banten. Hal ini dibuktikan dengan nilai r hitung lebih besar dari r tabel atau r hitung 0,581 > r tabel 0,334. Kemudia dilakukan uji determinasi diperoleh hasil persentasi pengaruh program tahfiz terhadap motivasi belajar PAI Siswa di MI Mumtaza sebesar 33,7 %. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Program Tahfidz en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.title Pengaruh Program Tahfidz Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V di MI Mumtaza Islamic School en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account