DSpace Repository

Peran Guru Agama Dalam Pendidikan Inklusif (Studi Kasus Madrasah Tsanawiyah Negeri 19 Jakarta)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nadjematul Faizah
dc.contributor.author Siska Diranti Ventia, 15311599
dc.date.accessioned 2020-08-05T05:15:46Z
dc.date.available 2020-08-05T05:15:46Z
dc.date.issued 2019-08-09
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/985
dc.description.abstract Pendidikan inklusif adalah sistem layanan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua anak difabel untuk mendapatkan pendidikan di sekolah umum bersama anak lainnya. Sehingga dengan adanya pendidikan inklusif ini anak berkebutuhan khusus dapat bersosialisasi dengan anak lainnya. Dengan adanya pelatihan yang dilaksanakan madrasah untuk seluruh guru khususnya guru Agama, sehingga dengan pelatihan tersebut dapat memudahkan guru Agama dalam membimbing siswa ABK pada kegiatan belajar mengajar berlangsung. Selain itu, siswa dapat menanamkan sikap simpati dan empati terhadap anak berkebutuhan khusus, dalam menumbuhkan rasa kepercayaan diri pada anak berkebutuhan khusus agar dirinya mempunyai kebermaknaan dalam kehidupan ini untuk terus percaya diri berkembang untuk menjadi manusia yang seutuhnya dan mereka pun layak untuk bahagia. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana peran guru Agama dalam pendidikan inklusif? Untuk menjawab rumusan masalah tersebut digunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Adapun data dapat diambil melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian bahwa peran guru agama dalam pendidikan inklusif adalah mengembangkan kemampuan yang dimiliki anak inklusif sehingga anak tersebut dapat bersosialisasi dengan anak yang lainnya dengan baik. Oleh karena itu, dari hasil penelitian penulis memberikan kesimpulan bahwa peran guru Agama di Madrasah Tsanawiyah Negeri 19 Jakarta dalam pelaksanaan pendidikan inklusif berhasil membuat anak berkebutuhan khusus nyaman sehingga tujuan pendidikan inklusif tercapai en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Peran Guru Agama en_US
dc.subject Pendidikan Inklusif en_US
dc.title Peran Guru Agama Dalam Pendidikan Inklusif (Studi Kasus Madrasah Tsanawiyah Negeri 19 Jakarta) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account