Abstract:
Latar belakang masalah dari skripsi ini adalah tentang kedisiplinan
waktu dalam belajar dikelas, penggunaan media pembelajaran oleh guru
serta penataan kelas. Sehingga peneliti ingin mengetahui bagaimana guru
mengelola kelas. Mengingat nilai Pendidikan Agama Islam (PAI) rata-rata
dari siswa SD Dua Mei kelas V adalah 75. 75 adalah melebihi KKM adalah
70. Karena nilai 75 adalah ambang batas. penelitian ini dilakukan bertujuan
untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen kelas dalam proses
pembelajaran PAI: studi kasus siswa kelas V SD Dua Mei Ciputat. Penelitian
ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.Adapun teknik Pengumpulan
data yang digunakan pada penelitian ini melalui tiga caera yaitu 1) observasi,
yakni pengaturan duduk dalam ruangan belajar, proses pembelajaran PAI,
dan sarana prasarana. 2) wawancara,yakni penulis melakukan wawancara
dengan Kepala Sekolah, Waka Sarana Prasarana, Guru PAI, dan siswa kelas
V sebanyak 4 orang. 3) dokumentasi, yakni data-data sekolah RPP, dan nilainilai
peserta didik. Untuk memeriksa keabsahan data penulis menggunakan
teknik trianggulasi data sedangkan untuk teknik analisis data dilakukan
dengan melalui tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi
data.
Hasil penelitian dikelas V SD Dua Mei Ciputat mengenai
Pelaksanaan Manajemen Kelas dalam Proses Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam (PAI) menunjukan bahwa ada dua Manajemen Kelas yaitu
akademik dan non akademik maka: 1) Akademik kelas dalam proses
pembelajaran PAI di kelas V SD Dua Mei Ciputat meliputi perencanaan,
pelaksanaan, dan pengevaluasian akademik sudah baik dan sesuai dengan
pedoman Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) , 2) Non akademik,
sarana prasarana kelas tertata dengan baik