DSpace Repository

“Implementasi Manajemen Kelas dalam Pembelajaran PAI (studi kasus kelas V SD Dua Mei Ciputat)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nadjematul Faizah
dc.contributor.author Siti Hanifah, 15311600
dc.date.accessioned 2020-08-05T05:18:20Z
dc.date.available 2020-08-05T05:18:20Z
dc.date.issued 2019-08-29
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/986
dc.description.abstract Latar belakang masalah dari skripsi ini adalah tentang kedisiplinan waktu dalam belajar dikelas, penggunaan media pembelajaran oleh guru serta penataan kelas. Sehingga peneliti ingin mengetahui bagaimana guru mengelola kelas. Mengingat nilai Pendidikan Agama Islam (PAI) rata-rata dari siswa SD Dua Mei kelas V adalah 75. 75 adalah melebihi KKM adalah 70. Karena nilai 75 adalah ambang batas. penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen kelas dalam proses pembelajaran PAI: studi kasus siswa kelas V SD Dua Mei Ciputat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.Adapun teknik Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini melalui tiga caera yaitu 1) observasi, yakni pengaturan duduk dalam ruangan belajar, proses pembelajaran PAI, dan sarana prasarana. 2) wawancara,yakni penulis melakukan wawancara dengan Kepala Sekolah, Waka Sarana Prasarana, Guru PAI, dan siswa kelas V sebanyak 4 orang. 3) dokumentasi, yakni data-data sekolah RPP, dan nilainilai peserta didik. Untuk memeriksa keabsahan data penulis menggunakan teknik trianggulasi data sedangkan untuk teknik analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian dikelas V SD Dua Mei Ciputat mengenai Pelaksanaan Manajemen Kelas dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) menunjukan bahwa ada dua Manajemen Kelas yaitu akademik dan non akademik maka: 1) Akademik kelas dalam proses pembelajaran PAI di kelas V SD Dua Mei Ciputat meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian akademik sudah baik dan sesuai dengan pedoman Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) , 2) Non akademik, sarana prasarana kelas tertata dengan baik en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Manajemen Kelas en_US
dc.subject Pembelajaran PAI en_US
dc.title “Implementasi Manajemen Kelas dalam Pembelajaran PAI (studi kasus kelas V SD Dua Mei Ciputat) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account