DSpace Repository

Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Menghafal Al-Qur’an Pada Siswa Kelas IV dan V Bilingual MIN 1 Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sri Tuti Rahmawati
dc.contributor.author Sri Agung Wahyuni, 15311601
dc.date.accessioned 2020-08-05T05:21:24Z
dc.date.available 2020-08-05T05:21:24Z
dc.date.issued 2019-09-09
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/987
dc.description.abstract Menghafal Al-Qur’an adalah suatu perbuatan yang sangat mulia dan terpuji. Kegiatan menghafal Al-Qur’an harus mempunyai kecerdasan emosional yang baik. Hal ini terkait dengan motivasi menghafal Al-Qur’an. Permasalahan yang sering terjadi pada siswa terkait menghafal Al-Qur’an adalah terkadang mereka mudah putus asa dan berpersepsi bahwa menghafal Al-Qur’an itu sulit, pada siswa MIN 1 Tangerang Selatan didapati bahwa motivasi menghafal Al-Qur’an siswa bilingual belum tumbuh dari dirinya sendiri melainkan masih harus ada dorongan dari keluarga dan guru hal ini bisa dilihat dari sikap mereka yang kurang serius dalam menyetorkan hafalan Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh kecerdasan emosional terhadap motivasi menghafal Al-Qur’an di kelas IV dan V bilingual MIN 1 Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasional dengan teknik pengambilan sample non probability sampling menggunakan teknik purposive. Sample penelitian 50 siswa. Kecerdasan emosional dan motivasi menghafal Al-Qur’an dalam penelitian ini menggunakan teori Danial Goleman dan alat ukur menggunakan teori sugiyono dengan item valid diatas 0,3 dan nilai reliabilitas 0,707 dengan 15 item valid. Sedangkan motivasi menghafal terdapat nilai riliabilitas 0,860 dengan 16 item valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara variabel X terhadap variabel Y. Yang artinya semakin tinggi kecerdasan emosional siswa maka semakin tinggi pula motivasi menghafal Al-Qur’an siswa, dan begitu pun sebaliknya. Pada perhitungan angka pengaruh antara variabel X dengan variabel Y dengan melihat besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y dengan cara melihat nilai R square dari tabel model summary diperoleh nilai R square sebesar 33,6% sedangkan 66,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Kecerdasan Emosional en_US
dc.subject Motivasi Menghafal Al-Qur’an en_US
dc.title Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Menghafal Al-Qur’an Pada Siswa Kelas IV dan V Bilingual MIN 1 Tangerang Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account