Abstract:
Penelitian ini berusaha memahami: (1) Tujuan penerapan integrasi
kurikulum di SMP Al-Syukro Ciputat; (2) Mengetahui tingkat efektivitas
integrasi kurikulum di SMP Al-Syukro Ciputat pada prestasi hasil belajar
peserta didik. (3) Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat
dalam melaksanakan integrasi kurikulum di SMP Al-Syukro Ciputat.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan observasi.
Dari penelitian yang dilakukan oleh peneulis mendapatkan hasil
penelitian sebegai berikut: (1) Tujuan diintegrasikannya Kurikulum 2013 dan
Kurikulum Cambridge di SMP Al-Syukro Ciputat adalah untuk membentuk
peserta didik yang berakhlak dan memiliki daya saing kompetitif pada era
globalisasi; (2) Hasil dari integrasi Kurikulum 2013 dan Kuriulum
Cambridge termasuk efektif dengan bukti grafik dari hasil nilai akhir
semester para peserta didik yang stabil; (3) Kelebihan dari integrasi
kurikulum di SMP Al-Syukro adalah keterampilan untuk menalar dan skill
berbahasa Inggris yang terus meningkat sesuai jenjang. Sedangkan
kekurangannya adalah masih minimnya SDM di sekolah SMP Al-Syukro
Ciputat.