Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh emotional
intelligence terhadap pembentukan empati siswa SMK Putra Pertiwi
Pondok Cabe. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis
penelitian eksploratif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X
SMK Putra Pertiwi Pondok cabe yang berjumlah 46 siswa. Metode
pengambilan data yang digunakan adalah data primer berupa kuesioner dan
data sekunder berupa dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan uji validitas, uji
reliabilitas, uji normalitas dan uji regresi linear sederhana.
Realita pendidikan yang terjadi saat ini menarik untuk diteliti,
apabila merujuk pada teori bahwa seseorang yang memiliki emotional
intelligence tinggi lebih mudah berempati atau mampu untuk memahami
apa yang dirasakan orang lain. Sebaliknya, jika seseorang memiliki
emotional intelligence rendah maka kemampuan empatinya juga relatif
rendah.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif
yang signifikan pada emotional intelligence terhadap pembentukan empati
siswa SMK Putra Pertiwi Pondok Cabe yakni sebesar 9,4% sedangkan
91,6% dipengaruhi oleh variabel lain.