Abstract:
Metode Iqra adalah metode Dasar pembelajaran Al-Qur'an yang ditemukan oleh H. As'ad Humam. alah Sekolah Islam Terpadu Al-Qur'an (SDIT) Al-Hamidiyah lembaga pendidikan formal yang memprioritaskan anak membaca Al-Qur'an dengan menggunakan metode Iqra'. Melaui penelitian ini penulis ingin mengetahuai bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an di SDIT Al-Hamidiyah dengan menggunakan metode Iqra'. Dalam kajian teoritis, penulis memaparkan sejarah penyusunan, tahapan
wawancara, pembelajaran menggunakan observasi pendekatan menggunakan dan tes kualitati:C metode membaca iqra tehnik dan al-qur'an. kompetensi pengumpuan Adapun belajar datanya tehnik analisis al-qur'an.Penelitimenggunakandata
penulis sebagai Human Instrument melalui triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar terbilang sedang. Dimana perolehan nilai rata-rata prestasi belajar terhadap kelancaran membaca alqur' an 62.1%, makharijul huruf 72.6%, tajwid 67.4% dari skor 71-80, sedangkan skor tertinggi 81-90 terhadap kelancaran membaca al-qur'an 26.3%, makharijul huruf 8.4%, tajwid hanya 10.5%.