Abstract:
Penelitian ini di latar belakangi oleh penilaian kesesuaian integrasi
nilai-nilai pancasila dalam kurikulum PAI, serta strategi peningkatan
keterlibatan siswa dalam pembelajaran nilai-nilai pancasila. Tujuan
penelitian ini untuk mengintegrasikan nilai-nilai pancasila melalui
pendidikan agama islam, dan untuk mengetahui pembiasaan kegiatan PAI
serta metode yang berkaitan dengan nilai-nilai pancasila melalui pendidikan
agama islam.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
dengan jenis pendekatan deskriptif. Objek penelitian di SD Fadilah
Tangerang Selatan, Informan dalam penelitian ini kepala sekolah, guru
Pendidikan Agama Islam, serta siswa-siswi kelas IV yang terkait penelitian
ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara
dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan yaitu
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 2 temuan dalam
penelitian ini diantaranya, pertama internalisasi nilai-nilai pancasila melalui
pembiasaan kegiatan Pendidikan Agama Islam, kedua integrasi nilai-nilai pancasila melalui metode pembelajaran.