Abstract:
Latar belakang dari penelitian ini Ada beberapa nilai-nilai dasar keagamaan
yang perlu ditanamkan pada diri anak dan kegiatan penanaman nilai-nilai
pendidikan tersebut kemudian dianggap sebagai inti dari pendidikan agama.
Untuk mewujudkan tujuan dari pendidikan agama islam, maka guru harus
melakukan proses penanaman nilai (transfer of values), bukan hanya sebagai
proses transfer ilmu saja.
Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif
deskriptif. Informan penelitian ini, waka humas, wali kelas, dan 6 orang
peserta didik dari kelas VIII dan IX. Sumber data yang diperoleh melalui
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data dalam penelitian
ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan Kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan proses internalisasi nilai-nilai pendidikan
agama islam dengan metode pembiasaan pada siswa kelas VIII dan IX Di
MTsN 1 Kota Tangerang Selatan adalah adalah sudah terlaksana dengan baik.
Internalisasi nilai-nilai PAI sudah melalui tiga tahap, yaitu: Tahap
Transformasi Nilai, Tahap Transaksi Nilai, Tahap transinternalisasi nilai.
Faktor pendukungnya tersedianya sarana dan prasarana dalam melaksanakan
kegiatan pembiasaan ini, yang kedua visi misi sekolah. Faktor penghambatnya beberapa peserta didik dan guru tidak tertib datang ke sekolah.