dc.description.abstract |
Motivasi belajar adalah upaya yang mengarahkan perubahan kelakuan
individu karena adanya faktor yang mempengaruhi untuk mencapai tujuan
yang telah ditentukan dalam bentuk peningkatan kualitas. Dalam memperoleh
motivasi diperlukan faktor ekternal, faktor yang tidak kalah penting dari faktor
internal. Faktor ini dipengaruhi dari luar yang dapat memberikan pengaruh
terhadap motivasi belajar siswa. faktor tersebut diantaranya lingkungan
keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarkat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan
keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat terhadap motivasi
belajar siswa di SMA Negeri 1 Bantarkawung. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan populasi sebesar 838 siswa. Sampel penelitian
ini terdiri dari 63 siswa yang dibagi rata sejulah 21 siswa pada masing-masing
tingkatan kelas dengan teknik random sampling. Teknik pengambilan data
dilakukan dengan angket, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
analisis regresi linier berganda dengan uji T dan uji F serta koefisien
determinasi.
Berdasarkan hasil analisis pada tabel regersi dengan taraf signifikansi
10%, nilai t hitung SMA Negeri 1 Bantarkawung pada variabel lingkungan
keluarga diperoleh nilai sebesar 2,414 > 1,671 dengan nilai Sig. 0,019 < 0,10.
Untuk variabel Lingkungan sekolah dipeoleh nilai t hitung sebesar 5,462 > 1,671
dan nilai sig. 0,000 < 0,10. Terakhir variabel lingkungan masyarakat diperoleh
nilai t hitung sebesar 8,670 > 1,671 dan nilai sig 0,000 < 0,10. Hal tersebut
menunjukan bahwa variabel lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan
lingkungan masyarkat memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap
motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Bantarkawung |
en_US |